Iklan

iklan

IPPMAPUT se - Kota Studi Nabire Sukses Menggelar Orientasi dan Sambut 11 Anggota Baru Tahun 2023

Anison Pigome
9.03.2023 | 3:25:00 AM WIB Last Updated 2023-09-04T20:11:40Z
iklan
11 Anggota Baru IPPMAPUT Sedang Menjalani Masa Orientasi/Dok.#SoPI-tadahnews

[Tabloid Daerah], Nabire --
Guna masuk sebagai anggota di Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa/i Paniai Utara (IPPMAPUT) se - Kota Studi Nabire, IPPMAPUT menggelar orientasi dan sambut 11 anggota barunya pada Hari Sabtu (02/9/2023), Pukul 09.00 Pagi Waktu Papua (WP) sampai selesai, bertempat di Pantai Naikere, Waroki, Nabire Barat, Nabire, Papua Tengah.

Dari pantauan awak media tadahnews.com, kegiatan organisasi ini dihadiri oleh puluhan mahasiswa, orang tua, intelektual, senioritas, ikatan tetangga atau disebut juga simpatisan, para undangan baik secara lisan maupun tulisan, serta seluruh anggota IPPMAPUT, tergabung dan ikut partisipasi dalam pelaksanaan penerimaan anggota baru.
 
Kegiatan penerimaan anggota baru di Organisasi IPPMAPUT, ini, diawali dengan Ibadah Inti yang dipandu oleh Perwakilan Mahasiswi, juga sebagai anggota di organisasi ini, Ance Bunai. Dan, pembacaan Firman Tuhan disampaikan oleh Perwakilan Mahasiswa dari Kampus Sekolah Tinggi Agama Kristen (STAK) Nabire, juga merupakan anggota di organisasi ini, Noak Yeimo.
 
Dalam pembacaan Firman Tuhan, Yeimo berpatokan pada Tema Acara tersebut. Yaitu: "Yesus Adalah Bapa Segalah Sumber Pengetahuan", dan Sub Temanya; "Melalui Orientasi Ini, Mengikut Tuhan Itu Lebih Utamakan Takut Akan Tuhan, Tujuan Kita Akan Tercapai". Tema yang diusung oleh Panitia Penerimaan Anggota Baru IPPMAPUT itu diambil dari teks Alkitab pada Bacaan Amsal [Pasal] 1: [Ayat] 7, dan Amsal [Pasal] 14: [Ayat] 27.

"Hikmat yang  benar ada di dalam Tuhan, bukan di dalam siapa pun. Oleh sebab itu, kita utamakan Tuhan oleh karena, semuanya berasal dari Dia," ulasan Yeimo dalam khotbah dikutip tadahnews.com.

Tutup Yeimo dalam khotbahnya, Orientasi Ini, sebagai awal dan diharapkan agar Pengurus dan Anggota IPPMAPUT mengikut Tuhan itu lebih diutamakan dan takut akan Tuhan karena, dari situlah Tujuan IPPMAPUT dan yang sedang dibangku studi akan sukses pada waktu yang telah disediahkan oleh Tuhan.
 
Di tempat yang sama, dan di sesi acara sambutan-sambutan, ada delapan perwakilan sambutan.
 
Berikut adalah sambutan yang diawali oleh Pembina IPPMAPUT, Zet Yeimo mengatakan, "Perkenalan itu sangat penting bagi kita semua semasa waktu studi pendidikan. Agar supaya, kita bisa saling mengenal antara satu sama lainnya. Dan juga, kita saling mengajak teman-teman kita yang lainnya pun juga supaya, mereka juga dapat mengenal organisasi bahkan pula kita semua," katanya.

Lanjut lagi, berikut sambutan dari Penasehat IPPMAPUT, Barnadus Gobai, S.Sos., menegaskan, "dua hal, yakni; [Pertama], kami datang studi ke Nabire tujuan kita adalah kita meraih kesuksesan dan hentikan organisasi yang berkubu banyak-banyak itu. [Kedua], Kita memiliki motor (kendaraan) jangan enak-enak dan enteng-enteng tapi, kita harus manfaatkan baik-baik, dan jangan mayari seputaran Kota Nabire tanpa tujuan yang jelas," tegas Gobai.

Lanjut lagi, sambutan dari perwakilan senioritas, Yulius Kadepa menyampaikan, "kita harus mencintai buku lalu, kita membaca banyak-banyak," tandas Kadepa.

Tambah Perwakilan Senioritas ini, Kadepa berharap anggota baru harus cari senior lalu, meminta pandangan, motivasi, arahan, dorongan, kepada setiap senior yang berada di Kota Studi Nabire. Hal ini, menurut Kadepa, agar supaya, kita tidak  ketinggalan dalam organisasi dan perkembangan-perkembangan yang sedang berjalan ini.

Sambutan berikut dari Badan Pengurus (BP) Forum Komunikasi Mahasiswa Asal Kabupaten Paniai (FKM-KP), Daud Mote menyampaikan, "waktunya itu terus berjalan, saya belajar dari mana itu harus ingat. Belajar dari bawa ke atas itu, kita tidak akan malu. Tetapi, dari atas turun belajar ke bawa itu salah, dan dalam tindakan ucapan kita akan malu juga keliru," jelas Mote.

Berikutnya, sambutan dari Badan Pengurus (BP) IPPMAPUT se-Indonesia, Nopi Gobai menyatakan, "Kami bukan siapa-siapa tapi, kami adalah satu dari Wedaumano. Bukan 'ko' dari situ, sana, sini, ya tapi, kita adalah satu dalam satu Honai," ucap BP IPPMAPUT, tegas.

Susul kelima sambutan yang telah menyampaikan tadi, kali ini perwakilan dari Intelektual akan memberikan sambutan. Yaitu: Yunus Eki Gobai, S.Ikom., mengsuport, "kemarin, kami dibekali dengan tiga materi, itu sebagai motivasi, dan dorongan. Kami bisa berhenti kuliah tapi, kami tidak boleh berhenti belajar," pungkas Eki Gobai, sederhana.

Sebagai Intelektual, dirinya sangat mengapresiasi kerja keras panitia sehingga, kegiatan Orientasi Anggota Baru di Organisasi IPPMAPUT bisa terealisasi sukses dengan aman dan tertip terkendali.
 
"Saya sangat apresiasi kepada panitia karena, kerja kerasnya panitia sehingga, kami merealisasikan panitia rutinitas, yakni; orientasi ini secara kolektif," suport Eki Gobai.
 
Tutup Eki Gobai, kami harus budayakan membaca dan menulis. Kami sebagai mahasiswa itu harus menangani sesuatu masalah dan selesaikan dengan tepat.
 
Mendekati sambutan terakhir, Bapak Tenouye berpesan, "anggota baru tidak boleh hanya ikut orientasi saja tapi, kita harus berperan penting dalam wadah IPPMAPUT. Karena, itu merupakan tempak belajar berkebun ilmu, mama kita yang tidak boleh ditinggalkan selama kita tahapan pembelajaraan di Kota Studi Nabire.

Pada penutupan sambutan, diberikan kepada Panitia Penerimaan Anggota Baru, Salmon Gobai. Ia sambil tanya-jawab menyanyakan bahwa apakah anggota baru benar-benar bergabung dalam wadah ini [Tanya Panitia Penerimaan] ? Ia, kami benar-benar bergabung dalam wadah IPPMAPUT, [jawab anggota baru].
 
Hal ini menjadi janji bagi para anggota baru yang memulai aktivitas belajar di dalam wadah IPPMAPUT, ini, ditekankan lagi. Ingat sesuai janji dan ucapannya itu adalah salah satu janji dari anggota baru kepada ketiga trinitas bukan kepada kami seluruh anggota IPPMAPUT.

Salmon Gobai, pihaknya menyeruhkan bahwa momen ini alam bebas Pantai Naikere, serta alam semesta dan Allah sudah menyaksikan pernyataan dan sikap yang kalian ucapkan.

Setelah, sambutan selesai, dilanjutkan dengan pelaporan dari Panitia, tidak lupa mengucapkan terima kasih atas kontribusi berupa dana, daya, bama, waktu, dan tenaganya, hingga kegiatan Orientasi Anggota Baru ini dapat terlaksana, sukses. Kemudian, dilanjutkan dengan makan bersama, acara bebas dan pulang ke rumah [tempat] masing-masing.(#SoPi/TaDahnews.com)
 


Editor: Angsel H
Baca Juga
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • IPPMAPUT se - Kota Studi Nabire Sukses Menggelar Orientasi dan Sambut 11 Anggota Baru Tahun 2023

P O P U L E R

Trending Now

Iklan

iklan