Iklan

iklan

Guna Melatih Kemampuan Siswa, Kursus EAE Mengadakan Pelatihan "Outdoor" Di Pantai Lagi

Melianus Adii
4.21.2023 | 11:00:00 PM WIB Last Updated 2023-05-02T08:34:36Z
iklan
Tutors Of English Academic Emaaowa (EAE) melakukan pelatihan "Outdoor" Bahasa Inggris Di Pantai Nabire, foto bersama/Dok. MeA-tadahnews

TaDahnews.com, Nabire -- Tahun ini, 2023, tepatnya pada hari ini Jumat, 21 April menjadi kali kedua setelah pertama kali dilakukan pada Tahun lalu, 2022, Kursus English Academic Emaaowa (EAE) mengadakan pelatihan "Outdoor" di Pantai Nabire, Papua Tengah, selama satu hari, Pukul 08:00 - 14:50 Waktu Papua (WP).
 
Dari pantauan tadahnews.com, pertama diawali dengan acara singkat oleh salah satu Siswa Kursus EAE, dan Firman Tuhan singkat oleh Mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi (STT) Walter Post, Alipas Gobai, dengan Tema; "Tanpa Mengandalkan Tuhan Sia-sia Belaka, Maka Waktu Yang Ada Harus Mengandalkan Tuhan, Kerja Keras Bagi Allah, Dalam Yeremia: Pasal 17, Ayat 6-9".

Dalam firman itu menjelaskan bahwa tetap tekun di dalam Tuhan, dan melakukan hal yang baik. Supaya, anda menjadi biji mata bagi Tuhan bahkan terhadap orang lain, demikian juga Gobai memotivasi siswa menjadi orang yang mampu dan berguna.

Rangkaian pelatihan "Outdoor" di Pantai, kegiatannya fulltime, satu hari mulai dari Pukul 08:00 - 14:50 WP, dalamnya ada beberapa kegiatan, yakni; Pembukaan acara dan firman singkat, Penyampaian kesan dan pesan dari ketua pengurus, Perkenalan murid (siswa), rama-tama, berlajar bersama, dan pulang.

Pada saat pelatihan "Outdoor", ada dua materi yang telah diberikan. Yaitu: Grammar dan Public Speaking. Grammar yang dibawakan oleh Guru EAE, Martinus Ogetai, S.Pd., dan Public Speaking dibawakan oleh pengurus EAE, Melianus Adii, S.Pd., memberikan materi singkat dan penjelasannya.
 
Pelajaran Bahasa Inggris yang diberikan itu, menurut pengajarnya kepada tadahnews.com bahwa belajar untuk merangsangkan kemampuan Berbahasa Inggris melalui proses belajar mengajar mereka tentang Grammar dan Public Speaking di dalam ruangan, tempat kursus mereka.

"Bahasa Inggris ini sangat penting untuk kita belajar, mulai dari anak-anak sampai dewasa, tua atau muda. Kenapa pentingnya belajar Bahasa Inggris? Bahasa Inggris adalah suatu alat untuk komunikasi dalam antar bangsa dan negara, untuk komunikasi ekonomi dan berbisnis, dan bahasa ini merupakan bahasa umum yang telah dipakai oleh seluruh orang di dunia," kata Martinus Ogetai, S.Pd.

Guru EAE, Ogetai, pihaknya berharap, kita perlu berjuang dan membina untuk bangsa generasi milenial, bersiaplah untuk belajar, tanpa rasa bosan dan malas. Sesuai motto EAE, "long life education", yang artinya; "Belajar Seumur Hidup". EAE juga membuka peluang bagi anda yang minat belajar Bahasa Inggris dan komputer karena, menurut EAE, kita perlu berfikir positif depeloving, membuka diri menjadi obligasi dengan real.

Salah satu Guru EAE, Edipo Yogi, S.Pd., mengapresiasi Pelatihan "Outdoor" Di Pantai, luar biasa untuk kegiatan ini.
 
"Kegitan ini rancangan Tuhan, Tuhan sudah menjadwalkan sebelumnya, rencana telah terjadi, maka pasti Tuhan mempersiapkan kedepanya untuk anda, perjuangan anda bukan sia-sia tapi, akan ada harapan dan akan sukses dalam perjuangan anda. Mari! Kita tekun dan belajar tanpa rasa bosan dan rasa malas, tetap berjuang sampai kepada puncakknya," tutur Yogi.

Senada dengan Yogi, lanjut pembawa materi belajar, Melianus Adii, S.Pd., mengungkapkan moment ini momen yang indah, waktu yang sempurna. Ini peluang bagi anda maka berjuanglah sampai kalian bisa dan mampu sukses, harus mencoba dan mencoba melalui belajar.
 
"Kalian akan menjadi orang-orang yang berprofesional pada suatu hari nanti. Karena, waktu tidak akan kembali lagi, saat ini waktunya untuk berjuang bersiaplah buanglah segala kemalasan," pungkas Adii.
 
Sebagai pengurus EAE, Adii menambahkan bahwa Perlu diketahui lagi bahwa Pelatiahan Kursus Bahasa Inggris English Academic Emaaowa (EAE) ini untuk melatih otak, atau mengasah dan melatih kemampuan Siswa-siswi yang sedang belajar Bahasa Inggris, juga untuk menguatkan dan menambahkan skil mereka, melalui latihan tata bahasa dan melalui proses belajar mengajar Bahasa Inggris, seperti; Reading, Writing, Speaking, dan Listening, selama satu tahun dan enam bulan.

Setelah melakukan kegiatan pelatihan pada sesi terakhir, diapresiasi oleh murid kursus, Melian Obaipa bahwa mereka sebagai murid atau siswa sangat apresiasi kepada kakak-kakak guru. Yang mana, sangat senang bisa bergabung di Kursus Emaaowa.
 
"Kami sangat tertarik atau senang dengan kursus ini. Karena, melalui kursus ini, kami bisa tahu hal yang sebelumnya kami tidak tau sekarang. Kami bisa mengerti dan belajar Bahasa Inggris, untuk Grammar Bahasa Inggris, kami ucapkan terimakasih. Kami sangat senang juga bahwa yang mana mengadakan pelatihan Bahasa Inggris di Pantai kita telah berlatih, kami sudah paham dan mengerti apa yang guru-guru sudah mengajar kami. Kami tidak membalas sesuatu. Tetapi, Tuhan akan membalas kebaikan kakak-kakak semua," ungkap Obaipa senang.

Tutup Obaipa, selama kegiatan dari awal hingga akhirnya, puji Tuhan, kami telah selesai dengan aman dan damai, Tuhan menyertai kita.
 
 
 
 
 
Reporter: Melianus Adii
Editor: Melky Dogopia

Baca Juga
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Guna Melatih Kemampuan Siswa, Kursus EAE Mengadakan Pelatihan "Outdoor" Di Pantai Lagi

P O P U L E R

Trending Now

Iklan

iklan