Iklan

iklan

Mubes ke-I, Jekson Degei Pimpin AMA-Papua Perkuat Internal

Tabloid Daerah
1.07.2023 | 3:50:00 PM WIB Last Updated 2023-01-09T07:13:44Z
iklan
Foto Bersama Setelah Mubes ke-I/@Dok.AMA-Papua

TaDahnews.com, Nabire --
Organisasi Masyarakat Adat Papua di Kabupaten Paniai yang sebelumnya disebut Asosiasi Masyarakat Adat (AMA) Paniai, kini telah dirubah melalui Musyawarah Besar (Mubes) ke-I menjadi Aliansi Masyarakat Adat Papua selanjutnya di singkat AMA-Papua. Jekson Degei terpilih sebagai Ketua Umum akan pimpin selama tiga tahun ke depan Merekontruksi Internal.


Mubes ke-I itu bertemakan “Rekontruksi Kembali Internal Asosiasi Masyarakat Adat Paniai – Mepagoo”.


AMA-Papua telah melakukan Mubes ke-I pada tanggal 3 - 5 Januari 2023. Beberapa  anggota aktif dan anggota semi aktif turut hadir menggelar dan menyukseskan Mubes Ke-I sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) bahwa Mubes akan dilakukan ketika anggota peserta yang hadir dua per tiga (2/3).


Adapun beberapa hal yang dibahas dalam AD/ART, sebagai berikut; Pengubahan Nama, Logo, dan Buku Panduan yang berisi, arti; Nama, Visi, Misi, Metode Kerja. Ini dibahas, dirubah, dan ditetapkan dalam  AD/ART.


Seperti yang ada di dalam buku panduan tesebut bahwa yang sebelumnya menggunakan Asosiasi Masyarakat Adat Paniai-Mepagoo. Kini diubah menjadi Aliansi Masyarakat Adat Papua (AMA-P).


Dalam Rilis Pers yang diterima tadahnews.com, pengubahan tersebut sebagai bahan pertimbangan khusus, tidak terlepas dari dinamika yang terus terjadi di atas Tanah Papua. Dan, kerja perluasan yang akan dijalankan dikemudian hari.


AMA-Papua telah melewati perdebatan dan diskusi yang panjang sehingga nama pun dirubah. Dan, faktor lain yang mempengaruhi terutama dampak ekonomi-politik yang menghancurkan tantanan masyarakat adat sehingga pengubahan nama, logo, dan sejenisnya, ini dikontruksikan. oleh sebab itu, pengubahan tersebut telah ditetapkan.


Bentuk struktur dalam AMA-Papua juga, direstruktur. Ini ditetapkan dalam Mubes ke-I AMA-Papua.


Pemilihan juga dilakukan secara demokratis, dan telah terpilih Jekson Degei sebagai Ketua Umum yang sebelumnya adalah sebagai Sekertaris rangkap membantu Departemen Politik, dan kini akan memimpin AMA-Papua selama tiga tahun mendatang. Disusul dalam struktur, Musa Pekey mengisi sekertaris jendral (Sekjen). Disusul, Yoseb Adii sebagai bendahara. Dan, Abet Gobai sebagai juru bicara (Jubir). AMA-Papua juga telah menyusun departemen-departemen lainnya.(*)




Admin
Baca Juga
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mubes ke-I, Jekson Degei Pimpin AMA-Papua Perkuat Internal

P O P U L E R

Trending Now

Iklan

iklan