Iklan

iklan

Diskominfo Nabire Menggelar Pelatihan Dasar-dasar Komputer dan Internet Guna Siapkan Kader Aparat Kampung

Natalia Florentin Agapa
9.15.2023 | 1:59:00 PM WIB Last Updated 2023-09-18T22:03:53Z
iklan
Foto: Diskominfo menggelar Pelatihan Dasar-dasar Komputer dan Internet di Aula Setda Kabupaten Nabire/#NFA-tadahnews.com

[Tabloid Daerah], Nabire --
Guna mempersiapkan kader aparat kampung, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Pemerintah Kabupaten Nabire menggelar Pelatihan Dasar-dasar Komputer dan Internet, ini juga meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan mengurangi angka pengangguran di distrik pinggiran kota. Yaitu: Distrik Siriwo, Dipa, Menou, dan Uwapa, pada hari Kamis (14/9/2023), bertempat di Aula Sekertariat Daerah (Setda) Kabupaten Nabire.

Kepada awak media tadahnews.com saat ditemui, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Nabire, Yermias Degei, S.Pd.,  mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang dasar-dasar komputer dan Internet bagi kader-kader aparat kampung dengan baik agar bisa laksanakan tugas-tugas dalam kampung yang mandiri dan sejahtera.

”Biasanya, aparat kampung memakai Jasa Pendamping Distrik dengan bayaran yang cukup besar dalam mengolah data perencanaan dan pelaporan pemakaian dana kampung. Sehingga, Kita bikin pelatihan ini untuk menyiapkan kader yang siap membantu aparat kampung dalam pengelolaan data dan kerja-kerja laporan lainnya yang berasal dari kampung, ” kata Degei.

Lebih lanjut, Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Nabire yang berjiwa muda, bersemangat, dan sangat peduli terhadap daerah terisolir ini, menjelaskan bahwa pelatihan ini juga untuk upaya pengembangan pelayanan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Pihaknya mengaku, ingin membantu aparat kampung untuk mendapatkan kader yang profesional yang berasal dari kampung itu sendiri untuk berkolaborasi dengan aparat kampung dalam pengolahan data pendanaan kampung.

”Para kader ini akan dilatih selama dua hari ini untuk bisa mengetik di microsoft Word, Excel, power poin, grafis dan memahami internet lebih dalam,” jelas Degei, tegas.

Tambah Degei, Para Kader akan mengikuti pelatihan tahap dua. Yaitu: Pelatihan sistem informasi Orang Papua atau yang lebih dikenal dengan SIO Papua, seperti yang pernah dilakukan di distrik pesisir pantai, Kabupaten Nabire.

Dirinya berharap bahwa setelah pelatihan Komputer dan Internet bagi kader kampung ini, ada Surat Keputusan (SK) yang diterbitkan oleh bupati. Sehingga, kedepan ketika ganti kepala kampung pun para kader ini tetap bekerja untuk aparat kampung yang pembayarannya berasal dari dana Kampung.

”SK Bupati ini akan kita dorong sama-sama karena, ini penting. Selain untuk pengembangan Sumber Daya Manusia, membantu aparat kampung buat perencanaan dan laporan, saya pikir kader ini sangat diperlukan untuk mengenalkan kampung dengan cerita-cerita dari kampung lewat tulisan, gambar, dan video ketika, mereka benar-benar memahami penggunaan komputer, internet, dan teknologi pada umumnya,” harap Degei.

Pihaknya juga menegaskan, pembinaan terhadap kader-kader kampung yang akan lahir ini, harus terus dikawal dan dikolaborasikan bersama stakeholder yang ada di Pemerintahan Kabupaten Nabire dalam mengawal pembangunan.

”Bukan hanya menjadi tugas Kominfo tapi, saya harap ada kerja sama dari semua pihak untuk melakukan pembinaaan terhadap para kader. Sehingga, pembangunan di Kabupaten ini terkawal dengan baik, ” imbuhnya, jelas.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Pelatihan Dasar-dasar Komputer dan Internet, Kepala Bidang Statistik menambahkan, Pelatihan ini dilakukan untuk menjaring kader putra Asli Papua untuk membantu mendata perkembangan kampung di Kabupaten Nabire.

”Di sini, kita akan ajarkan beberapa hal yang berkaitan dengan komputer dan internet. Sehingga, proses pendataan yang didapatkan pemerintah benar-benar sudah terkelolah dengan data yang pasti,” pungkasnya.

Tutup Kepala Bidang Statistik, dirinya mengapresiasi Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Nabire yang sudah menyediakan ruang bagi kader-kader kampung dari daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) untuk belajar mengenal Komputer dan Internet.

Kegiatan Pelatihan Dasar-dasar Komputer dan Internet bagi kader kampung, ini, berlansung selama dua hari, dimulai tanggal 14-15 September 2023 dan diikuti oleh 30 Peserta yang terdiri dari; tujuh (7) orang dari distrik Uwapa, enam (6) Orang dari Distrik Menou, 7 orang dari Distrik Dipa, dan lima (5) orang dari Distrik siriwo.(#NFA/TaDahnews.com)



Editor: Angsel H
Baca Juga
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Diskominfo Nabire Menggelar Pelatihan Dasar-dasar Komputer dan Internet Guna Siapkan Kader Aparat Kampung

P O P U L E R

Trending Now

Iklan

iklan