Iklan

iklan

Pilot Disandera, Ini Transkrip Dua Video Sebagai Pernyataan Sikap dan Satu Foto Pemberitahuan Dari TPNPB Kodap III Nduga-Derakma

Tabloid Daerah
2.21.2023 | 9:06:00 PM WIB Last Updated 2023-02-22T18:21:37Z
iklan
Pernyataan Sikap TPNPB Kodap III Nduga-Derakma 

TaDahnews.com, Nabire -- Pemimpin kelompok bersenjata Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat atau (TPNPB) Komando Daerah Pertahanan (Kodap) III Ndugama-Derakma, Brigjen Egianus Kogoya menyatakan sikap langsung dari Pesawat Susi Air dan dari Lapangan Terbang.
 
Pilot Pesawat Susi Air berkebangsaan Selandia Baru, Philip Mark Mehrtens yang disandera oleh TPNPB Pimpinan Egianus Kogoya memasuki hari ke-15 (tembus dua minggu) atau bisa dibilang mendekati sebulan, dan media ini menuliskan ulang isi transkrip dari dua video yang telah beredar luas, dan merupakan Pernyatan Sikap dari TPNPB Kodap III Nduga-Derakma.
 
Ini kemudian membuktikan bahwa TPNPB bertanggung jawab membakar pesawat Susi Air dengan call sign PK-BVY di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan Tengah, pada Selasa (7/2/2023) lalu. TPNPB juga membenarkan bahwa mereka telah menyendera pilot pesawat itu, dan mengajak semua pihak yang berkepentingan di Freeport Tembagapura Mimika, agar membuka mata dan Stop! Bekerjasama dengan Indonesia. Sebab, seperti yang dilansir di media-media lainnya terkait dengan tanggapan Komnas TPNPB atau Juru Bicara (Jubir) TPNPB menilai atas situasi dan kondisi yang tercipta selama Indonesia duduki Tanah Papua bahwa rakyat Papua semakin habis di atas Tanah Airnya dan kekayaan alamnya diambil tanpa ada penyelesaian gejolak yang tidak kunjung selesai.
 
Berikut Poin-poin Pernyataan Sikap Kelompok Bersenjata TPNPB Kodap III Ndugama-Deragma melalui Video yang beredar luas oleh Brigjen Egianus Kogoya, yang dihimpun tadahTV:
1. Kami (TPNPB) Sandera Pilot Bukan Untuk Makan, Minum.
2. Bukan untuk Program lain.
3. Bukan untuk Pemekaran (Daerah Otonomi Baru), dan yang lain-lain tidak.
4. Kami (TPNPB) Sandera Pilot ini karena, Kami hanya Ingin Merdeka.
5. Daerah Operasi Kodap III Ndugama-Deragma di 32 Distrik, Saya (Egianus Kogoya) akan membawa Pilot ini keliling di 32 Distrik ini. Tetapi, bukan di tempat-tempat pengungsian warga sipil.
6. Saya (Egianus Kogoya) akan membawa Pilot ini putar terus sampai Papua Merdeka baru saya akan lepaskan.
7. Kami (TPNPB) Sandera Pilot ini untuk Papua Merdeka saja, tidak ada minta lain-lain.
8. Negara (negara-negara) harus todong Indonesia untuk Papua Merdeka.
9. Negara (negara-negara) jangan diam untuk Papua Merdeka ini.
10. Negara (negara-negara) harus bantu kami untuk Papua Merdeka.
11. Negara (negara-negara) tidak boleh kerjasama dengan Indonesia terus.
12. Negara semua kerja di Freeport jadi, semua (negara-negara) kerjasama dengan Indonesia akhirnya Papua setengah mati untuk merdeka, berjuang terus sampai Papua Habis. Jadi, Kami sandera Orang ini (Pilot Selandia Baru) karena, Papua harus Merdeka.
 
Selain 12 poin di atas yang berasal dari Video 1. Sementara di Video 2, transkrip yang dihimpun media ini, adalah sebagai berikut:
 
1. Hanya Kunci Kemerdekaan baru saya (Brigjen Egianus Kogoya) akan lepas Pilot. Saya (Brigjen Egianus Kogoya) akan lepas Pilot ini harus dengan Papua Lepas. Jadi, negara harus mengaku bahwa jangan pele-pele , ya jadi negara Indonesia harus mengaku bahwa Papua Merdeka bukan untuk makan, minum.
2. Saya (Brigjen Egianus Kogoya) akan bawa Pilot sampai Papua harus Merdeka.
3. Saya (Brigjen Egianus Kogoya) akan bawa Pilot dalam kondisi aman.
4. Indonesia tidak boleh hambur senjata dari atas udara maupun darat.
5. Pilot bersama saya (Brigjen Egianus Kogoya) tetap akan aman.

Selain dua Video yang beredar luas, ada satu foto yang beredar, sepertinya telah diedit, isinya merupakan sikap dari Brigjen Egianus Kogoya sebagai Pimpinan Kodap III Ndugama-Deragma, TPNPB, mengajak (pemberitahuan) agar Persatuan Kelompok Bersenjata di Tanah Papua.
Foto yang telah beredar luas, media ini menuliskan ulang himbauannya/dok.(?)

"Diberitahukan kepada semua Kodap yang ada di Teritorial Papua Barat, segera! Mulai perang, selama teroris Indonesia mencari Pailot Susi Air di dalam Hutan Rimba Nduga, jangan biarkan kami sendiri. Rakyat Papua dan Jaringan Doa tolong doakan kami," dikutip dari tulisan di Foto itu.(*)


Redaksi
Baca Juga
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pilot Disandera, Ini Transkrip Dua Video Sebagai Pernyataan Sikap dan Satu Foto Pemberitahuan Dari TPNPB Kodap III Nduga-Derakma

P O P U L E R

Trending Now

Iklan

iklan