Iklan

iklan

KNPB Sektor Takugi Bintang Merayakan Hari HUT nya, Ini Pesan Motivasinya

Tabloid Daerah
1.10.2024 | 1:30:00 PM WIB Last Updated 2024-01-13T10:48:36Z
iklan
Sektor Takugi Bintang Merayakan Hari HUT Komite Nasional Papua Barat/Dok.TaDah-#Boas

[Tabloid Daerah], Nabire -- Komite Nasional Papua Barat (KNPB) merupakan salah satu organisasi pro referendum untuk West Papua yang tersebar di seluruh wilayah Papua. Sektor Takugi Bintang merupakan salah satu sektor organisasi KNPB yang berada di bawah Kordinasi KNPB Wilayah Paniai, merayakan Hari Ulang Tahun berdirinya sektor seraya menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepengurusan baru oleh Yones Kayame sebagai Panitia Pelaksana (Panpel) kepada kedua pimpinan, Jekson Gobai dan Merweri Gobai, Selasa (09/01/2024) pekan kemarin.

Berbagai organisasi yang berperan untuk mewujudkan kemerdekaan Papua Barat, termasuk Organisasi KNPB untuk lepas dari penjajahan Republik Indonesia dan pemodal internasional merupakan suatu impian perjuangan mereka.

Hal ini dibenarkan oleh Yones Kayame melalui sambutannya.

“Perayaan hari HUT KNPB Sektor Takugi Bintang, Wilayah Paniai, ini, agar kedepan menjadi agenda yang sangat penting karena, perayaan ini menunjukkan apresiasi dan penghormatan terhadap sejarah dan perjuangan bangsa," ucapnya.

Lanjut Yones, bahwa seperti perayaan HUT tahun-tahun sebelumnya, KNPB Sektor Takugi Bintang, Wilayah Paniai, merayakan hari HUT dengan mengadakan berbagai acara, seperti; upacara adat, seminar, konferensi, olahraga, dan kegiatan lain yang dirancang untuk memperkokoh persatuan dan meningkatkan kepedulian terhadap hak-hak rakyat di wilayah ini, Paniai.

Acara terbesar dalam perayaan HUT KNPB Sektor Takugi Bintang, Wilayah Paniai adalah upacara adat tradisional.

Acara ini dihadiri oleh anggota Komite, Tokoh adat, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya. Selama upacara adat, persembahan dilakukan ke puncak alam Takugi, dan berbagai ritual adat, seperti; tarian dan bernyanyi dilakukan untuk memperkuat semangat kebersamaan dan solidaritas.

Selain upacara adat, perayaan HUT KNPB Sektor Takugi Bintang Wilayah Paniai juga membuat seminar dan konferensi. Seminar dan konferensi ini memberikan kesempatan kepada anggota KNPB, tokoh masyarakat dan lainnya untuk berbicara tentang isu-isu terkini yang berkaitan dengan kehidupan di Wilayah Paniai dan Papua Barat pada umumnya.

Pasalnya, Yones Kayame mengatakan, “acara seperti ini sangat penting karena, memberi kesempatan untuk berbagi ide, mengevaluasi dan menentukan kebijakan lanjutan dalam memperjuangkan hak-hak rakyat Papua Barat", terangnya.

Para tamu undangan yang hadir pada perayaan HUT KNPB Sektor Takugi Bintang Wilayah Paniai juga dapat menikmati beragam kegiatan yang dilakukan dalam perayaan tersebut, mengadakan olahraga, lomba memanah-panah, lempar kaleng, dan berbagai kegiatan olahraga lainnya.

Lantas, melalui kegiatan ini, anggota KNPB dan masyarakat di Wilayah Paniai dapat meningkatkan kepedulian dan solidaritas mereka dalam memperjuangkan hak-hak rakyat Papua Barat dan melindungi warisan budaya masyarakat Papua.

Penting untuk diingat bahwa perayaan HUT KNPB Sektor Takugi Bintang, Wilayah Paniai, seperti juga perayaan ulang tahun organisasi lainnya, memiliki makna yang begitu besar bagi rakyat di daerah tersebut. 

"Perayaan ini adalah wujud apresiasi terhadap sejarah perjuangan yang telah dicapai dan saat ini sedang dijalankan dalam memperjuangkan hak-hak rakyat Papua Barat, kemerdekaannya, dan pemberdayaan ekonomi, politik, dan sosial di Wilayah Papua Barat," jelas kayame pantauan tadahnews.com masih dalam sambutannya.

Dibutuhkan kerja sama dan berbagai upaya untuk mencapai hak-hak tersebut. Tetapi, melalui perayaan seperti HUT KNPB Sektor Takugi Bintang, Wilayah Paniai, masyarakat dapat terus mempertegas komitmen untuk mempertahankan warisan budaya, hak-hak rakyat, dan persatuan di wilayah tersebut. 

"Namun karena itu, perayaan ini dapat memberi inspirasi untuk generasi masa depan agar terus memperjuangkan hak dan kepentingan masyarakat Papua di wilayah Papua Barat," ucapnya.

Tutupbya, dalam perayaan HUT KNPB Sektor Takugi Bintang, Wilayah Paniai, adalah suatu agenda penting dalam memperingati sejarah perjuangan yang telah dicapai, dan membuka jalan untuk mempersiapkan Mogok Sipil Nasional. 

"Perayaan ini juga memungkinkan masyarakat untuk meningkatkan semangat kebersamaan, persatuan dan kesetiakawanan sosial dalam memperjuangkan hak-hak rakyat Papua Barat dan warisan budaya serta kekayaan alam di wilayah tersebut", tutup Kayame.(*)



Calon Reporter: Boas Yogi
Editor: Jhon Gobai
Baca Juga
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KNPB Sektor Takugi Bintang Merayakan Hari HUT nya, Ini Pesan Motivasinya

P O P U L E R

Trending Now

Iklan

iklan