Iklan

iklan

Gelar Diskusi Bersama Para Jurnalis Papua, USAID: “Kitorang Kawal Otsus”

Tabloid Daerah
9.09.2023 | 3:20:00 PM WIB Last Updated 2023-09-09T07:20:52Z
iklan
Foto: Sesi Kedua Tanya-Jawab Para Jurnalis bersama Narasumber/Dok.ScreenshotZOOM

[Tabloid Daerah], Nabire –
 Guna mengawal Dana Otonomi Khusus (Otsus) di Tanah Papua, United States Agency for International Development (USAID) melalui program USAID Kolaborasi menggelar diskusi bersama para Jurnalis Papua tentang Kesehatan, Pendidikan, dan Gedsi di Tanah Papua.

Diskusi dilakukan via-offline di salah satu hotel di Kota Jayapura, Papua, dan juga online di zoom, ini, menghadirkan para Jurnalis Papua dari enam provinsi di Tanah Papua, yakni; Papua, Papua Barat, Papua Tengah, Papua Selatan, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya, pada Hari Sabtu (9/9/2023), Pukul 09.30 Pagi Waktu Papua (WP) hingga selesai.

USAID Kolaborasi menggelar diskusi bersama para jurnalis Papua tersebut dengan tema; “Media sebagai Pengawas Pembangunan Daerah dan Optimalisasi Otonomi Khusus di Tanah Papua”, ini, menghadirkan narasumber yang telah berpengalaman dan ahli urusan penelitian dan mengelola data statistik perkembangan di bidang pendidikan, kesehatan, dan gedsi di Tanah Papua. Yaitu: Agus Sumule, James Modouw, T. G. Butarbutar, dan Adolf Z. D. Siahay.

Kegiatan ini merupakan yang kedua kali setelah diskusi pertama di Kabupaten Biak Numfor, Papua, pada Tanggal, 17 - 19 Maret 2023 lalu.

Ketua Program USAID Kolaborasi, Caroline Tupamahu mengatakan, Kegiatan ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua melalui peningkatan kapasitas dari pemerintah daerah dan partisipasi dari masyarakat.


“Peningkatan partisipasi masyarakat itu peran teman-teman jurnalis yang paling penting karena, teman-teman yang punya kekuatan dan pengaruh dalam menyuarakan fakta apa yang terjadi di masyarakat,” kata Caroline.


Tambah Caroline, dirinya mengajak para jurnalis bersama-sama mengawal pembangunan terutama dana Otsus.


“Bagaimana kita dapat bersama-sama mengawal Pembangunan Daerah terutama khususnya yang terkait dengan otsus,” pungkasnya.


Dirinya menyampaikan, bahwa pihaknya secara serius mendukung program monitoring sehingga dapat menghasilkan karya jurnalistik yang optimal.


“Jadi, katakan bahwa program ‘Kitorang Kawal Otsus’ ini adalah inisiatif baik dari jurnalis Papua, untuk jurnalis media Papua dan untuk seluruh masyarakat di Tanah Papua,” terangnya.


Tutup Caroline, pihaknya berharap, jurnalis secara optimal bersama-sama mendorong perubahan, baik pembangunan transparan maupun kualitas pelayanan Pemerinta Daerah (Pemda).


“Kita dapat bersama-sama mendorong perubahan yang baik adanya pembangunan yang transparan tetap tepat sasaran peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan akhirnya menuju pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya.(*)


 
Admin
Baca Juga
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gelar Diskusi Bersama Para Jurnalis Papua, USAID: “Kitorang Kawal Otsus”

P O P U L E R

Trending Now

Iklan

iklan