Iklan

iklan

Lagi-lagi Dibiayai Pemda, Bupati Meki Nawipa Mengirim 32 Pelajar se-Meepago ke SMA Presiden 2 Tanjung Lesung

Tabloid Daerah
4.01.2023 | 10:30:00 PM WIB Last Updated 2023-04-02T06:43:11Z
iklan
Foto usai mengikuti seleksi para siswa SMP di kantor Bupati Paniai, 4 Januari 2023/Dok.ApolonarisYogi

TaDahnews.com, Deiyai --
Demi menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM), lagi-lagi Bupati Kabupaten Paniai, Meki Nawipa mengirim 32 Siswa Asli Papua asal Meepago ke Sekolah Menengah Atas (SMA) Presiden 2 Tanjung Lesung. Di tempat yang sama, Ini periode kedua, setelah pertama mengirimkan 10 Siswa setelah adanya kunjungan pertama Tim Seleksi sekolah ini pada tanggal 24-26 Agustus 2022 lalu.

Haus akan menciptakan SDM, Bupati Meki Nawipa terus mengirim anak-anak pelajar yang telah menyelesaikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk melanjutkan SMA ke luar. Sementara, di Paniai, Nawipa fokus juga di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) dan SMP.

"Jauh sebelumnya para guru-guru SMP yang ada di Kabupaten Paniai dilatih untuk meningkatkan kualitasnya sesuai dengan mata pelajaran yang di emban selama dua tahun ini," ungkap Nawipa.

Perlu diketahui lagi, pada tahun sebelumnya Bupati Meki Nawipa menyekolahkan sejumlah anak Papua yang berasal dari Paniai, pada umumnya Meepago ke sejumlah sekolah unggulan. Salah satu sekolah yang telah bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Paniai adalah SMA Presiden 2 Tanjung Lesung, berkat lobi Bupati Meki Nawipa.

Sekolah ini akan menyiapkan anak-anak Paniai dan Meepago dalam aspek kepemimpinan dan Ilmu dasar lainnya dengan target mereka bisa masuk di sekolah kedinasan manapun setelah selesai dari SMA Presiden ini.

Pada Tahun ini, 2023, Nawipa tengah mempersiapkan guna mengirim 32 siswa asli Papua asal Meepago ke SMA Presiden 2 Tanjung Lesung. Yang mana, para siswa SMP tersebut telah mengikuti tes pada awal tahun 2023, tepatnya tanggal 4 Januari 2023 lalu, di Kantor Bupati Paniai.

Seperti yang dilansir di suarapapua.com dan jubi.id bahwa Bupati Meki Nawipa mengaku, hal itu dilakukan guna mewujudkan visi dan misinya sebagai Bupati Paniai, Provinsi Papua Tengah. Yaitu: Unggul dan Bersinar khususnya di bidang pendidikan untuk membangun SDM yang unggul dan handal.

“Siswa yang namanya lulus beasiswa Pemda Paniai masuk SMA Presiden 2 Tanjung Lesung, hari Selasa, tanggal 4 April 2023 akan bersama orangtuannya, kami panggil untuk pertemuan di Kantor Bupati Paniai,” kata Bupati Paniai, Meki Nawipa, Sabtu, (1/4/2023).

Tambah Bupati pencipta SDM itu bahwa setelah tiga tahap, yakni; tes akademik, wawancara, dan postur tubuh memenuhi syarat. Untuk menindaklanjuti hasil itu, dirinya mengundang orangtua dan siswa-siswi yang lolos seleksi pada hari Selasa (4/4/2023) pagi di Kantor Bupati.

Diakhir penjelasannya, untuk membangun SDM yang unggul dan handal tentunya ini harus dipersiapkan dengan baik. Sebab, Investasi SDM jauh lebih penting daripada lainnya.

Kepada tadahnews.com, salah satu Intelektual Papua asal Paniai, lulusan Selandia Baru dan Belanda yang ikut membantu bidang tersebut, Apolonaris Yogi, B.Soc.Sc., M.Sc., mengungkapkan sebanyak 32 siswa itu, keseluruhannya Orang Asli Papua (OAP) asal Meepago.

"Jadi setelah tes tertulis pada tanggal 4 Januari 2023, itu 32 anak yang lolos berasal dari Meepago. Yaitu: 17 berasal dari perwakilan-perwakilan SMP di Kabupaten Paniai, delapan berasal dari Kabupaten Nabire, dua dari Kabupaten Timika, dua dari Kabupaten Intan Jaya, dua dari Kabupaten Deiyai, dan satu lagi dari Kabupaten Dogiyai," tambah Apolonaris Yogi, B.Soc.Sc. M.Sc., kepada tadahnews.com.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan pada tahap pertama, Bupati Meki Nawipa telah mengirim 10 pelajar, dan untuk kali ini merupakan tahap kedua lagi-lagi 32 pelajar dikirim ke SMA yang sama sehingga total pelajar yang telah dan akan dikirim adalah berjumlah 42 pelajar.

Tutup Yogi, terkait dengan SDM di Kabupaten Paniai sendiri, Bupati Meki Nawipa fokus di tujuh titik sekolah unggulan, dan hingga kini dari tujuh titik, lima yang terealisasi. Khusus untuk lima titik ini, pihak-pihak yang bekerjasama menyiapkan guru kontrak dan managemen operasional sekolah-sekolah ini, secara intens selalu berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Paniai.

"Tujuh titik sekolah unggulan di Paniai yang diupayakan, hingga kini ada lima titik yang sudah terealisasi dan sedang berjalan selain PAUD, SD, SMP Kepas Kopo. Lima titik itu, yakni; di Obano Distrik Paniai Barat, di Epouto Distrik Yatamo, di Kopo dan Enarotali Distrik Paniai Timur, di Ekadide dan Aradide. Tahun ini, Paniai melalui Bupati Meki Nawipa, akan berupaya hingga sampai pada tujuh titik," tutup Yogi.(*)

Nama-nama 10 Pelajar yang pertama dikirim ke SMA Presiden 2 Tanjung Lesung

Nama-nama 32 Pelajar yang kedua dikirim ke SMA Presiden 2 Tanjung Lesung



Kontributor: Apolonaris Yogi
Editor: Melky Dogopia

Baca Juga
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lagi-lagi Dibiayai Pemda, Bupati Meki Nawipa Mengirim 32 Pelajar se-Meepago ke SMA Presiden 2 Tanjung Lesung

P O P U L E R

Trending Now

Iklan

iklan