Iklan

iklan

160 Tahun Katolik Masuk, Hari Ini Sejarah Baru Bagi OAP, Mgr. Yanuarius Theofilus Matopai You Ditahbiskan Menjadi Uskup

Natalia Florentin Agapa
2.02.2023 | 10:00:00 PM WIB Last Updated 2023-02-05T23:37:36Z
iklan
Foto: Saat prosesi pentahbisan Mgr. Yanuarius Theofilus Matopai You oleh Nuncio Apostolik Duta Besar Tahta Suci Vatikan untuk Indonesia/Dok.tadahnews-NFA

TaDahnews.com, Jayapura -- Hari ini, Kamis (2/2/2023) merupakan hari bersejarah bagi umat Katolik di seluruh Tanah Papua bahwa Pentahbisan Orang Asli Papua (OAP) menjadi Uskup yang dinanti-nantikan telah terjadi. Yaitu: Mgr. Yanuarius Theofilus Maatopai You yang ditahbiskan menjadi Uskup Jayapura oleh Nuncio Apostolik Duta Besar Tahta Suci Vatikan untuk Indonesia, Mgr Piero Pioppo bersama 33 Uskup lainnya di seluruh Indonesia.

 

Nuncio Apostolik Duta Besar Tahta Suci Vatikan untuk Indonesia, Mgr Piero Pioppo dengan resmi mentahbiskan Mgr. Yanuarius Theofilus Matopai You sebagai Uskup pada Keuskupan Jayapura. Uskup Yanuarius merupakan orang pertama OAP setelah 160 tahun lamanya agama Katolik masuk di Tanah Papua.

 

Dalam prosesi pentabisan Uskup pertama OAP ini, disaksikan oleh belasan ribu umat Tuhan yang telah memadai lingkungan Katedral Dok V dan Stadion Mandala. Juga, yang menyaksikan Livestreaming di Komisi KOMSOSKWI sekitar puluhan ribu penonton hingga ke penjuruh dunia.

 

Dari pantauan tadahnews.com, di tempat pelaksanaan, Pentahbisan Uskup dilakukan tepat Pukul 10:45 waktu Papua (WP), Kamis (2/2/2023) di gereja Katolik Katedral Kristus Raja Dok V Jayapura, Papua, dengan Motto: “Aku Menyertai Kamu”.

 

Diawali dengan janji Uskup terpilih yang ditanyakan oleh Uskup Agung Mgr Piero kepada Mgr Yanuarius. Kata Mgr Piero, Pastor Yanuarius Matopai You yang terkasih, sejak dahulu kala, para pimpinan Gereja telah menetapkan bahwa yang akan ditahbiskan menjadi Uskup hendaknya ditanyai di hadapan umat, mengenai tekadnya untuk menjaga iman dan mengemban jabatan ini.

 

“Karena itu, Saudara terkasih, kami bertanya, Apakah Saudara bersedia, berdoa tanpa henti, kepada Allah yang Mahakuasa bagi umat-Nya yang kudus, dan mengemban jabatan kepenuhan Imamat tanpa cela,” tanyanya.

 

“Dengan bantuan Allah, saya bersedia,” jawab Mgr Yanuarius. Selanjutnya dilanjutkan dengan litani Hati Kudus Yesus.

 

Puncaknya pada ritus tahbisan Uskup yang meliputi dua pokok, yakni penumpangan tangan dan doa tahbisan oleh para Uskup.

 

Seusai doa tahbisan dilanjutkan ritus pelengkap yakni pengurapan dengan minyak krisma (Annointing with Chrism Oil), penyerahan kitab injil, cincin, mitre, tongkat (the staff) yang diserahkan oleh pihak keluarga kandung yakni Ausilius You, Yohanes You dan dibantu oleh Pj Walikota Jayapura Frans Pekey.

 

Selanjutnya Uskup Jayapura, Mgr. Yanuarius You menduduki tahta Uskup yang telah disiapkan di depan altar gereja tersebut. Lalu diberikan ucapan selamat oleh para Uskup seluruh Indonesia yang hadir pada momen itu.

 

Ditahbiskannya Uskup Mgr Yan You menjawab penantian panjang selama 160 tahun masyarakat Papua akan kehadiran seorang Uskup Papua yang telah diumumkan tahta suci Vatikan pada tanggal 29 Oktober 2022 yang dibacakan Uskup Emeritus Leo Laba Ladjar, OFM. Dalam Pentabisannya juga beliau mengambil Kutipan dari Yeremia. Dimana, You sendiri sangat meneladani teladan hidup Nabi Yeremia dalam pelayanan selama 41 Tahun.

 

Setelah ditahbiskan menjadi Uskup, Mgr. Yanuarius Theofilus Matopai You melakukan Perjamuan Kudus dan Menutup Perayaan Misa Pentabisannya. Kemudian, diarahkan semuanya ke acara syukuran di Stadion Mandala Jayapura.(NFA/TaDahnews.com)

 
 
 
Reporter: Natalia Florentin Agapa
Editor: Melky Dogopia
Baca Juga
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 160 Tahun Katolik Masuk, Hari Ini Sejarah Baru Bagi OAP, Mgr. Yanuarius Theofilus Matopai You Ditahbiskan Menjadi Uskup

P O P U L E R

Trending Now

Iklan

iklan