Iklan

iklan

Sakit Lama, SekJen KNPB Nabire Meninggal Saat Papua Mengenang Eddy Mofu, Arnold Ap, Dan Duka Nasional

Tabloid Daerah
4.26.2022 | 11:00:00 PM WIB Last Updated 2022-04-27T01:47:50Z
iklan

Foto: Sam Pito Degei, aktivis KNPB Wilayah Teluk Cenderawasih Nabire, Almarhum/Dok.knpb

TaDahnews.com, Tanah Papua -- Tanggal 26 April, tepatnya hari dibunuhnya Arnold Ap yang sebelumnya pada tanggal 23 April, hari dibunuhnya Eddy Mofu. Sama-sama diculik dan dibunuh oleh Kopasanda (sekarang disebut kopassus). Dan, hari ini juga, pada tanggal 26 April 2022, Duka Nasional datang dari Aktivis sekaligus sebagai Sekertaris satu Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Teluk Cenderawasih Nabire.


Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum KNPB Wilayah Teluk Cenderawasih Nabire, Deserius Goo melalui pesan di salah satu Grup WhatsApp (WA), dan diteruskan ke Grup WA Tabloid Daerah.


"Telah bergabung dengan KNPB Wilayah Surga bersama Mako M. Tabuni, Hubertus Mabel, Semut Merah, Okto Kudiai, Alex Pigai, Dekison Degei dan sekian puluh anggota dan pengurus KNPB yang sudah mendahului kita. Kini sekarang kau pergi bergabung bersama mereka, Komandante Sam Poto Degei," tulis Goo dikutip media ini.


Lanjut Goo bahwa Sam Pito Degei adalah pengurus KNPB Wilayah Teluk Cendrawasih Nabire. Dia menjabat sebagai Sekjen 1. Sam Pito juga aktif dalam kerja-kerja organisasi di wilayah. Sebelum menjadi pengurus, Sam Pito juga menjabat sebagai Panitia Konferensi KNPB Teluk Cenderawasih Nabire baru-baru ini hingga menyukseskan kegiatan tersebut.


Melalui pesan grup WA juga, Goo menjelaskan kronologi sakitnya Sam Pito Degei.


"Sam Pito menderita sakit sejak setahun yang lalu. Selama setahun ini, Sam Pito tidak memikirkan sakitnya. Walaupun, sakitnya semakin parah. Dedikasinya dalam perjuangan bersama KNPB benar-benar ia buktikan melalui pengabdian total kepada rakyat dan bangsa Papua," Goo dalam tulisan itu.


Ketua Umum KNPB Wilayah Teluk Cenderawasih Nabire, Deserius Goo menjelaskan juga, saat konferensi, Sam Pito melakukannya saat masih sakit. Namun, Sam Pito tidak mundur dari sakitnya hingga sukseskan konferensi KNPB Wilayah Teluk Cendrawasih Nabire pada tahun ini, 2022.


Sam Pito Degei menderita sakit hingga pada tanggal 26 April 2022 menghembuskan nafas terakhir di kediamannya.


"Selamat jalan kawan. Kami berduka, alam berduka, dan tanah ini berduka. Semoga tenang di sisi yang kudus. Kastau juga pada-Nya tentang kami yang masih di jalan yang kau ukir kawan," Goo dalam pesannya.


Tutup Ketua Umum KNPB Wilayah Teluk Cenderawasih Nabire, Jiwamu Dan Gerakan Revolusimu akan kami lanjutkan hingga bangsa ini, bangsa Papua Bebas Dari Kolonialisme Dan Kapitalisme.


Badan Pengurus KNPB Wilayah Teluk Cenderawasih Nabire menyampaikan turut berduka cita atas kepergian kawan, Tuan Sam Pito Degei Sekjen 1 KNPB. Kepada keluarga almarhum. (*)



Admin



Baca Juga
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sakit Lama, SekJen KNPB Nabire Meninggal Saat Papua Mengenang Eddy Mofu, Arnold Ap, Dan Duka Nasional

P O P U L E R

Trending Now

Iklan

iklan