Iklan

iklan

BPD KAPP Dogiyai Meresmikan Koperasi “Kamapi Ekowai Enaimo”

Tabloid Daerah
2.27.2023 | 8:34:00 PM WIB Last Updated 2023-02-28T00:25:37Z
iklan
BPD KAPP Dogiyai bersama Perwakilan Pemda AS.II Setda Dogiyai (Bapak Basri)/Dok.Abetgo

TaDahnews.com, Dogiyai -- Badan Pengurus Daerah Kamar Adat Pengusaha Papua (BPD KAPP) Kabupaten Dogiyai telah meresmikan pendirian sebuah koperasi milik BPD KAPP Dogiyai bernama “Kamapi Ekowai Enaimo", Senin (27/2/2023).
 

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Koteka Moge, Moanemani, Distrik Kamu, Kabupaten Dogiyai, Provinsi Papua Tengah. Dan, dimulai Pukul 10:30 sampai dengan Pukul 12:00 Waktu Papua (WP).
 
Dari siaran pers yang diterima tadahnews.com, kegiatan ini dihadiri atau disaksikan langsung oleh unsur Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Dogiyai diwakili oleh Asisten II Setda Kabupaten Dogiyai, Bapak Basri. Utusan Dinas Koperasi dan UKM (Usaha Kecil dan Menengah) Kabupaten Dogiyai, utusan Dinas Perindag (Perindustrian dan Perdagangan) Kabupaten Dogiyai, utusan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Dogiyai, utusan Dinas Sosial Kabupaten Dogiyai, perwakilan YAPKEMA Papua, perwakilan Koperas St. Isodorus Moanemani, utusan beberapa organisasi bisnis di Dogiyai, dan pengusaha Orang Asli papua (OAP) yang hadir sebagai anggota KAPP Dogiyai.
 
Dewan Adat Daerah (DAD) Kabupaten Dogiyai dan DAD Istimewa Tota Mapiha sebagai Dewan Kehormatan BPD KAPP Dogiyai meresmikan berdirinya Koperasi Kamapi Ekowai Enaimo pada Pukul 11: 00 WP, ditandai dengan penyerahan Akta Notaris koperasi.

Ketua BPD KAPP Dogiyai menyerahan Akta Notaris koperasi kepada Pengurus Koperasi Kamapi Ekowai Enaimo/Dok.Abetgo

Dari pantauan kontributor tadahnews.com yang hadir di tempat kegiatan, setelah penyerahan Akta Notaris koperasi, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Dan, sambutan pertama dari Ketua BPD KAPP Dogiyai, Alnordus Douw.
 
“Persoalan utama perekonomian di Kabupaten Dogiyai adalah soal daya beli yang rendah dan biaya yang harus dikeluarkan untuk memasarkan produk yang tinggi antara lain berupa transportasi karena, kurangnya pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, dan sarana-prasarana transportasi berupa angkutan yang belum memadai. Karena itu, koperasi yang dibentuk harus berperan untuk meningkatkan nilai produk dengan pengolahan, dan mengorganisir produk dengan kualitas dan kuantitas yang memenuhi syarat bagi pasar di luar," kata Douw.
 
Lanjut Pemuda Papua yang sangat andil dalam urusan ekonomi dan tidak sia-sia memimpin KAPP Dogiyai bahwa Pemerintah Daerah perlu fokus untuk menuntaskan persoalan infrastruktur dasar, sarana transportasi dan pengorganisiran produk sejenis agar memenuhi syarat secara kualitas dan kuantitas.
 
Sementara itu, Sambutan berikutnya oleh Bapak Basri selaku Asisten II Setda Kabupaten Dogiyai. Dalam kesempatan sambutannya mewakili Pemda Kabupaten Dogiyai menyampaikan beberapa pokok-pokok terkait dengan Ekonomi dan Koperasi.
 
“Nama koperasi ini bagus dan mempersatukan. Kamapi Ekowai Enaimo, berarti; Kamu, Mapiha, Piyaiye bekerja bersama. Itu artinya, kita bekerja bersama-sama. Koperasi bertujuan meningkatkan kesejahteraan anggota dan kesejahteraan masyarakat pada umumnya sesuai cita-cita pendirian Negara Indonesia dan tujuan pembangunan di Kabupaten Dogiyai," pungkas perwakilan Pemda Dogiyai, Bapak Basri.
 
Basri juga menambahkan bahwa Koperasi KAPP Kabupaten Dogiyai ini harus dijalankan secara professional, akuntabel, sehingga bisa menjadi contoh bagi koperasi-koperasi lain di Kabupaten Dogiyai dan bisa menjadi acuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Dogiyai atau sebagai tempat pembelajaran karena dijalankan secara baik dan benar.
 
Kontributor media ini juga melaporkan sesuai daftar hadir peserta kegiatan, terlihat bahwa sebanyak 43 orang telah mengikuti kegiatan ini. Seusai kegiatan, ada jamuan makan berupa hasil bumi Kabupaten Dogiyai, seperti; Ubi bakar, Pisang, aneka buah-buahan, dan sayur, serta daging kukus. Selain itu, disediakan pula Kopi P5 Moanemani dan Kopi Modio sebagai ikon Kabupaten Dogiyai. Kegiatan telah benar-benar selesai tepat Pukul 13:00 WP.(*)
 

Kontributor: AbetGo
Editor: Melky Dogopia

Baca Juga
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BPD KAPP Dogiyai Meresmikan Koperasi “Kamapi Ekowai Enaimo”

P O P U L E R

Trending Now

Iklan

iklan