Iklan

iklan

Seruan Dan Panggilan Solidaritas, Memperingati Hari MaDat Internasional

Tabloid Daerah
8.09.2022 | 12:30:00 AM WIB Last Updated 2022-08-10T21:37:10Z
iklan

Seruan Dan Panggilan Solidaritas, Memperingati Hari MaDat Internasional

TaDahnews.com, Meepago
-- Dalam rangka memperingati Hari Masyarakat Adat (MaDat) Internasional, Selasa (9/08/2022), PAGEOSNET, AMA, dan MAI PAPUA akan menyelenggarakan penanaman pohon yang dimulai dari Kabupaten Paniai, Deiyai, dan Dogiyai. Untuk itu, Panggilan Solidaritas bersama KAPP Dogiyai, DAD Dogiyai, Daerah Istimewah DAD Mapiha, ALIE, dan KOMEE-OPM, menyeruhkan kepada siapa saja boleh ikut bersolidaritas bersama.


Tema yang dipakai, "Negara STOP! Kapitalisasi Tanah Adat Sebab, Tanah Adat Sebagai Nafas Hidup Masyarakat Adat Meepago dan Seluruh Wilayah Adat Papua".


Dalam brosur seruan solidaritas itu, laju deforestasi dan perampasan lahan adat masif terjadi di Tanah Papua yang dimiliki oleh Masyarakat Adat setempat. Hal ini, menyebabkan Masyarakat Adat kehilangan Tanah Adatnya, kerusakan lingkungan, pencemaran air, udara, pemanasan global, dan perubahan iklim, ini pastinya mengerucut pada bencana alam oleh karena, ulah manusia untuk mengamankan modal dan kepentingan ekonomi-politik.


Oleh sebab-akibat itulah, seruan menanam pohon agar membudayakan reboisasi sebagai bentuk perlawanan terhadap aktor-aktor perampasan lahan dan perusak lingkungan melalui negara ini, Stop! Mengkapitalisasi aset masyarakat adat setempat.(*)



Admin

Baca Juga
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Seruan Dan Panggilan Solidaritas, Memperingati Hari MaDat Internasional

P O P U L E R

Trending Now

Iklan

iklan